Masjid Mahligai Minang, Masjid Seribu Pintu Angin yang Tahan Gempa Bumi

  • Whatsapp
Sumatera Barat
Masjid Mahligai Minang Sumatera Barat (yusron motret)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PADANG – Masjid Raya Sumatera Barat atau biasa dikenal Masjid Mahligai Minang, salah satu masjid terbesar di Indonesia yang terletak di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Masjid yang menjadi ikon wisata religi di Sumatera Barat itu merupakan karya dari arsitek Rizal Muslimin. Ia adalah pemenang dari sayembara arsitektur yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada tahun 2007.

Bacaan Lainnya

Pembangunan masjid itu dimulai dengan peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatera Barat saat itu, Gamawan Fauzi.

Masjid yang baru diresmikan pada Januari 2019 itu dibangun di atas lahan seluas 40 ribu meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 18 ribu meter persegi.

BACA JUGA: Bunga Langka Spesies Rafflesia Ditemukan di Sumatera Barat – Nusadaily.com

Masjid Mahligai Minang memiliki tiga lantai yang diperkirakan dapat menampung sekitar 20.000 jamaah.

  • Lantai pertama di masjid ini digunakan sebagai tempat wudhu dan tempat tambahan jika pada lantai utama para jemaah sudah penuh.
  • Lantai dua sebagai ruang utama dalam masjid yang digunakan sebagai tempat utama salat berjamaah.
  • Lantai tiga difungsikan sebagai tempat alternatif untuk para jemaah salat, atau sebagai tempat istirahat jika pengunjung sepi.
Masjid Tak Memiliki Kubah

Uniknya, Masjid Mahligai Minang tak memiliki kubah layaknya masjid pada umumnya, melainkan hanya memiliki atap khas budaya Minangkabau.

Bagian atapnya memiliki desain Rumah Gadang dengan empat sudut lancip, sedangkan bangunannya berbentuk gonjong hingga menggunakan ukiran Minang sekaligus kaligrafi pada dinding bagian luar.

Sementara interior masjid pada bagian mihrabnya dibuat menyerupai bentuk Hajar Aswad dengan atapnya yang dihiasi ukiran Asma’ul Husna berwarna keemasan di sebuah latar berwarna putih.

Bagian lantainya dilengkapi karpet permadani berwarna merah yang digunakan sebagai sajadah yang merupakan hadiah dari Pemerintah Turki.

Masjid Tahan Gempa

Hebatnya, Masjid Mahligai Minang telah dirancang khusus untuk tahan terhadap gempa bumi hingga 10 magnitudo, dan dapat digunakan untuk shelter atau lokasi evakuasi bila sewaktu-sewaktu terjadi bencana.

BACA JUGA: Kue Lompong Sagu, Legenda dari Minang Sumatera Barat – Noktahmerah.com

Masjid Seribu Pintu Angin

Masjid ini memiliki cukup banyak pintu, sehingga masjid ini dijuluki dengan nama Masjid Seribu Pintu Angin.

Di bagian samping Masjid ini terdapat menara yang bercorak seperti Masjid Nabawi yang ada di Madinah, yang membuat masjid ini terlihat semakin megah.

Kini Masjid Mahligai Minang tak hanya sebagai tempat ibadah saja, desain yang unik menjadikannya masjid ini sebagai destinasi wisata religi di Sumatera Barat.(eky)

Pos terkait

banner 468x60