Dulu Tak Berpenghuni, Kini Pulau Pasumpahan Padang Jadi Incaran Wisatawan

  • Whatsapp
Pulau
Pulau Pasumpahan Padang, Sumatera Barat (instagram/cacingpiita)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PADANG – Kota Padang memiliki deretan pulau kecil yang indah nan eksotis, salah satunya yang tak boleh kamu lewatkan jika ke Padang wajib mengunjungi Pulau Pasumpahan.

Pulau Pasumpahan merupakan satu dari 11 gugusan pulau yang ada di perairan depan Kota Padang, tepatnya berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Bukit Watu Amben, Wisata Kuliner Hits Anak Muda di Yogyakarta – Nusadaily.com

Pulau yang memiliki luas sekitar 5 hektar dengan keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional. Bahkan kini Pulau Pasumpahan kini tengah diincar investor asing untuk dikembangkan sebagai obyek wisata yang di unggulkan di daerah Sumatera Barat.

Pulau Pasumpahan awalnya dikenal sebagai pulau yang tak berpenghuni dan belum begitu populer, namun sekarang dikenal memiliki potensi wisata yang memikat dan banyak diminati wisatawan karena ekosistem bawah laut yg masih asri, dan terjaga dengan terumbu karang yg indah, menjadikan akifitas snorkelling di Pulau Pasumpahan menjadi sangat menyenangkan.

Bahkan, wisatawan dari luar negeri yg datang ke pulau ini tidak mau melewatkan kesempatan snorkelling di pulau ini.

Pulau Pasumpahan perlahan mulai dikelola oleh masyarakat setempat. Dari yang awalnya hampir tak ada penginapan di Pulau Pasumpahan, kini sudah terdapat beberapa cottage atau pondokan yang bisa disewa jika kamu hendak bermalam.

Instagram: @vhiagusman

Selain menyewa penginapan disini, kamu juga bisa dengan bebas mendirikan tenda sendiri untuk berkemah di tepi pantai. Jika tidak membawa tenda, kamu dapat menyewa tenda yang disediakan oleh pihak pengelola dengan biaya sewa cukup terjangkau.

BACA JUGA: Menyaksikan “Tabob” di Tengah Laut Pantai Ngurtafur Maluku – Noktahmerah.com

Fasilitas di Pulau Pasumpahan sudah terbilang cukup lengkap yang diantaranya adalah:
  • Penginapan
  • Musholla
  • Toilet
  • Snorkelling
  • Lapangan Voli
  • Area Berkemah
  • Warung
  • Tempat Sampah
  • Gazebo
  • Bangku Untuk Bersantai
  • dan lain-lain
Instagram: @pulau pasumpahan

Di Pulau Pasumpahan juga terdapat beberapa paket wisata tour seperti:

1. One day trip pulau Pasumpahan

2. Paket Nginap di Cottage Pulau Pasumpahan

3. Paket Camping 1 malam di Pulau Pasumpahan

Rute Menuju Pulau Pasumpahan

Rute menuju Pulau Pasumpahan kamu bisa melalui dua titik penyeberangan, yakni melalui Sungai Pisang atau Pelabuhan Teluk Bungus.

Dari pusat Kota Padang ke Pelabuhan Teluk Bungus berjarak hanya 18,6 km. Sementara ke Sungai Pisang lumayan jauh 32,9 km.

Namun jika bertolak dari Sungai Pisang penyeberangan lebih cepat dari Pelabuhan Teluk Bungus. Karena jarak dermaga di Sungai Pisang Pulau Pasumpahan lebih dekat dibanding dari Pelabuhan Teluk Bungus.

BACA JUGA: Masjid Safinatun Najah Semarang, Masjid Unik Berbentuk Kapal Nabi Nuh – Imperiumdaily.com

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Untuk jam buka di Dermaga ini sampai saat ini masih belum ditentukan mulai jam berapa hingga selesainya. Bahkan penyeberangan malam hari hingga saat ini masih dilakukan.

Sedangkan untuk harga tiket masuk (htm) menuju Pantai Pasumpahan ini tidak dikenakan alias gratis. Hanya saja kamu perlu membayar biaya sewa perahu untuk menyeberang ke pulau ini. Tarif yang ditawarkan sangat bervariatif tergantung kepintaran kamu untuk tawar-menawar.(eky)

Pos terkait

banner 468x60