Dua TPS Pilkada Kabupaten Malang Pemungutan Suara Ulang

  • Whatsapp
George Da Silva, Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang
banner 468x60

NOKTAHMERAH.COM – MALANG – Sehari usai Pilkada Kabupaten Malang, Bawaslu mencatat dua TPS di Kecamatan Donomulyo dan Dampit akan melakukan pemungutan suara ulang. Pemungutan suara ulang dilakukan karena ada penyusup atau orang bukan DPT melakukan pencoblosan. Mereka tanpa membawa Surat Undangan atau Surat Rekomendasi.

George Da Silva, Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang membenarkan adanya penyusup atau pihak bukan DPT. “Sebenarnya ini sudah biasa dalam setiap Pilkada. Selalu ada kendala. kKta sebagai pengawas akan bertindak sesuai dengan peraturan, menerima laporan dari berbagai pihak jika terjadi pelanggaran,” jelasnya dilansir Nusadaily.com.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, PSU (Pemungutan Suara Ulang) harus dilakukan karena terjadi pelanggaran pencoblosan di TPS itu. “Itu karena karena ada yang mencoblos, namun bukan warga setempat dan tidak membawa surat C pindahan,” lanjutnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, apabila ada dua orang bukan DPT masuk, maka Bawaslu berhak merekomendasi kepada KPU untuk mengadakan PSU. “Itu merupakan pelanggaran sebagai mana tercantum di PKPU No 8 tahun 2020 pasal 59 dan 60 ayat dua huruf E,” tutup George. (aje/wan)