Senin, 6 Desember 2021
BerandaOpinionPlus Minus Pemadaman PJU di Kota Malang Selama PPKM Darurat

Plus Minus Pemadaman PJU di Kota Malang Selama PPKM Darurat

Oleh: Lilis Mufarida

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pemerintah Kota Malang telah menerbitkan kebijakan baru yaitu pemadaman lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Malang selama berlangsungnya PPKM Darurat pada 3 – 20 Juli 2021. Kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah bertujuan agar masyarakat tidak keluar saat jam malam tersebut. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menangani angka penyebaran covid-19 yang terus meningkat.

Namun, beberapa hal terkait kebijakan ini tentunya harus di pertimbangkan persoalan pemadaman PJU pada PPKM Darurat. Baik dari segi upaya pemerintah untuk mengatasi penyebaran covid-19, maupun dari sisi masyarakat yang mengeluhkanya. 

Tidak luput dari tanggung jawab Pemerintah Kota Malang, beberapa kebijakan memang harus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran. Meskipun sejumlah mal, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, cafe terpaksa harus dibatasi bahkan dihentikan sementara selama berlangsungnya PPKM. Namun tetap saja ada warga yang berkumpul di beberapa titik lokasi atau nongkrong di beberapa tempat. Sehingga pemerintah mengambil langkah tegas yaitu memadamkan PJU.

Kebijakan Pemadaman PJU Tidak Termasuk Instruksi Mendagri

Sementara itu, kebijakan ini harus dimatangkan. Kebijakan terhadap pemadaman PJU ini tidak termasuk dalam Instruksi Mentri Dalam Negeri (Inmendagri) dan Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Timur. Namun, kebijakan pemadaman PJU ini menjadi kearifan lokal dimana tujuan utamanya menekankan angka penyebaran covid-19. Sehingga harus benar – benar memperhatikan kelayakan jalan dan memastikan keamanan warga dari kerawanan sosial.

Dampak yang bisa saja terjadi di antaranya rawan akan adanya kecelakaan, karena dikhawatirkan masih adanya jalanan yang masih berlubang. Kemudian juga dari sorotan lampu kendaraan lain dari arah yang berlawanan yang semakin silau karena tidak adanya lampu jalan sebagai filter yang menjadi penyebab kecelakaan. Selain itu, kerawanan sosial juga menjadi masalah utama yang harus diperhatikan. Dalam keadaan gelap, di beberapa titik rawan terjadinya tindakan kriminal yang memberikan peluang besar bagi perilaku kriminal untuk melakukan aksi kejahatanya.

Mempertimbangkan hal tersebut, pemerintah perlu untuk memastikan keamanan pengguna jalan saat Pemadaman PJU demi keterbelangsunganya PPKM darurat di Kota Malang. Dengan adanya kebijakan ini, saya berharap pemerintah dan masyarakat perlu adanya kerjasama yang baik demi menyukseskan untuk memutus rantai penyebaran covid-19. 

Penulis adalah mahasiswi Sastra Inggris UIN Maliki Malang

+ posts
- Advertisement -
AnyFlip LightBox Embed Demo
BERITA TERBARU
- Advertisement -spot_img
Popular
terkait
- Advertisement -spot_img