Wahai Pemudik, Polres Malang Siagakan Enam Check Point Pemeriksaan COVID-19

  • Whatsapp
APEL GABUNGAN: Petugas gabungan tengah melakukan apel pada Posko Pemeriksaan COVID-19 Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (10-4-2020). ANTARA/HO-Humas Polres Malang
banner 468x60

NOKTAHMERAH.COM-MALANG-Pemudik yang hendak masuk ke wilayah Malang sebaiknya harus dalam kondisi sehat. Sebab Kepolisian Resor (Polres) Malang menyiagakan enam posko pemeriksaan COVID-19. Ini sebagai langkah antisipasi menekan penyebaran virus corona di Kabupaten Malang.

Kasubbag Humas Polres Malang Ipda Nining Husumawati mengatakan bahwa keberadaan posko tersebut untuk mengantisipasi para pemudik. Baik yang menuju ke Kabupaten Malang maupun yang meninggalkan wilayah tersebut.

“Posko itu didirikan untuk mengantisipasi kedatangan pemudik yang terindikasi terpapar COVID-19,” kata Nining di Kabupaten Malang dilansir dari nusadaily.com, Jumat.

Ia menyebutkan enam posko pemeriksaan (check point) COVID-19 Polres Malang di Kecamatan Lawang, Kecamatan Singosari, Kecamatan Pakis, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Sumberpucung, dan Kecamatan Ampelgading.

Nining mengatakan bahwa pihak kepolisian sesungguhnya telah mengeluarkan imbauan bagi masyarakat untuk tidak melakukan mudik, khususnya menjelang masuknya bulan Ramadan pada akhir April 2020.

Menurut Nining, meskipun telah dikeluarkan imbauan tersebut, tidak menutup kemungkinan masih ada warga Kabupaten Malang yang melakukan perjalanan, baik menuju maupun meninggalkan wilayah tersebut.

“Untuk antisipasi agar tidak makin menambah penyebaran COVID-19, Polres Malang mendirikan posko di enam titik tersebut,” kata Nining.

Ada Tindakan Medis Jika Terpapar

Jika ada pemudik yang terindikasi terpapar COVID-19, kata dia, akan dilakukan tindakan medis dalam upaya untuk memutus rantai penyebaran virus yang pertama kali merebak di Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Personel yang diterjunkan di posko-posko tersebut, antara lain berasal dari Polres Malang, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang.

Berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di wilayah Malang Raya tercatat ada 20 kasus positif COVID-19. Di Kabupaten Malang, ada 10 orang dinyatakan positif COVID-19, empat orang dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dunia, dan lainnya masih dalam perawatan.

Untuk wilayah Kota Malang, ada delapan orang yang positif COVID-19, dengan empat orang diantaranya telah dinyatakan sembuh. Di Kota Batu, tercatat ada dua kasus positif COVID-19.(cak)

Baca Juga

Post Terkait

banner 468x60