Sering Tertukar, Ini Perbedaan Tepung Panir dan Tepung Roti

  • Whatsapp
Perbedaan tepung panir dan tepung roti (sajiansedap)
banner 468x60

NOKTAHMERAH.COM – JAKARTA – Pecinta gorengan seperti risol, kroket atau chicken katsu pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung panir dan tepung roti. Tepung panir dan tepung roti memang sering digunakan sebagai lapisan terakhir pada gorengan.

Tapi ternyata sebenarnya tepung panir dengan tepung roti itu adalah dua jenis tepung yang berbeda. Keduanya ini memang seringkali dianggap sama karena memiliki bentuk yang serupa dan sama-sama dibuat dari bahan utama roti. Tapi sebenarnya keduanya ini sangat jauh berbeda.

Bacaan Lainnya

Lantas di manakah letak perbedaannya? Cek langsung perbedaan tepung panir dan tepung roti di bawah ini yuk!

BACA JUGA: Apa Itu Tepung Panir? Lapisan Gorengan Favorit yang Bikin Renyah – Nusadaily.com

Bahan Pembuatan

Dilansir dari pergikuliner.com, perbedaan pertama tepung roti dengan tepung panir bisa dilihat dari bahan dasar pembuatannya.

Meski sama-sama dibuat dari roti, tapi bagian roti yang digunakan berbeda. Tepung roti dibuat dari bagian tengah roti yang masih segar lalu dikeringkan hingga kering dan dihancurkan kasar. Sedangkan untuk tepung panir menggunakan bagian pinggiran roti yang berwarna kecoklatan yang dikeringkan terlebih dahulu baru dihancurkan.

Warna

Karena bahan dasar yang digunakan sedikit berbeda, yakni bagian dalam roti untuk tepung roti dan bagian kulit roti untuk tepung panir, maka warnanya sudah pasti berbeda.

Tepung roti punya warna putih dan tepung panir warnanya cenderung cokelat orange kekuningan. Setelah digoreng, warna tepung panir memang jauh lebih berwarna dan menarik jika dibandingkan tepung roti.

BACA JUGA: 3 Resep Olahan Cheetos, Coba Buat Sebelum Tak Diproduksi Lagi – Beritaloka.com

Tektur dan Bentuk

Meskipun warna yang dihasilkan tepung panir lebih menarik, namun bentuk dan tekstur yang dihasilkan tepung roti lebih banyak disukai. Alasannya adalah tepung roti memiliki tekstur yang kasar dengan bentuk yang lebih besar dan panjang, mirip dengan cabikan roti dalam ukuran kecil.

Hal ini membuatnya memiliki tekstur yang lebih garing saat digoreng. Lain halnya dengan tepung panir yang teksturnya jauh lebih halus dengan bentuk yang lebih kecil. Meski saat digoreng teksturnya juga garing, tapi tidak serenyah hasil gorengan tepung roti.

BACA JUGA: Rambutan Digoreng? Gimana Rasanya ya – Noktahmerah.com

Penggunaan dalam Makanan

Karena tekstur tepung roti lebih kasar dan ukurannya lebih besar, maka lebih banyak digunakan pada makanan yang tekturnya lebih padat seperti seafood, daging, ayam dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk tepung panir lebih banyak digunakan untuk melapisi makanan bertekstur lunak seperti kroket, risoles, serta nugget karena bisa dengan mudah menempel berhubung ukurannya lebih kecil dan lebih lembut teksturnya.

Sekarang sudah tau perbedaan antara tepung panir dan tepung roti kan. Jangan sampai tertukar lagi ya. Happy cooking!(mic)