Ayam Kesrut Kanggo Riko, Kuliner Legendaris Banyuwangi nan Maknyus

  • Whatsapp
Sajian kuliner Ayam Kesrut Kanggo Riko. (istimewa)
banner 468x60

NOKTAHMERAH.COM – BANYUWANGI – Banyuwangi tak hanya terkenal akan destinasi wisatanya yang ikonik. Namun, Kota Gandrung ini juga terkenal akan ragam kuliner khas yang nikmat di lidah. Salah satunya ialah kuliner Ayam Kesrut. Menu tradisional yang konon sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Ayam Kesrut sekilas mirip dengan sayur asem. Bedanya, kuliner Ayam Kesrut menggunakan potongan daging ayam kampung dengan kuah pedas. Bumbu utamanya pun sederhana, yakni terdiri dari cabai rawit, cabai merah besar, blimbing wuluh atau asem wadung, bawang merah, daun bawang, terasi, gula dan garam.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Resep Cake Khas Sumenep, Olahan Sayur Mirip Capcay

Meski bumbunya sederhana, namun cita rasa yang ditawarkan sangat maknyus. Perpaduan rasa gurih, asam, manis dan pedas membuat daging ayam sangat nikmat di lidah. Ditambah lagi kuah bening yang segar, Ayam Kesrut sangat pas jika disajikan untuk santapan makan siang.

Kuliner Ayam Kesrut bisa dijumpai di banyak tempat, mulai warung kecil hingga hotel berbintang. Namun, ada satu tempat dengan menu utama Ayam Kesrut Legendaris yang sudah ada sejak 40 tahun yang lalu. Waroeng Ayam Kesrut Kanggo Riko namanya.

BACA JUGA: Ayam Kesrut Banyuwangi, Olahan Ayam dengan Kuah yang Pedas dan Segar

Warung kecil yang berada di Dusun Karangsari, Desa Segobang, Kecamatan Licin ini tak pernah sepi pungunjung. Hampir setiap hari, banyak pengunjung khususnya dari wilayah perkotaan Banyuwangi yang sengaja datang hanya untuk menikmati kesegaran Ayam Kesrut Kanggo Riko.

Bahkan, wisatawan yang hendak maupun usai berwisata ke Kawah Ijen seringkali mampir ke warung Ayam Kesrut Kanggo Riko untuk mencicipi kuliner legendaris tersebut.

“Alhamdulillah hampir setiap hari ramai mas. Kalau hari Senin sampai Jumat biasanya ramai pas waktu makan siang. Kalau Sabtu Minggu, sejak pagi sudah ramai,” kata Mbak Novi, pemilik warung Ayam Kesrut Kanggo Riko.

Menurut Novi, warung Ayam Kesrut Kanggo Riko ini merupakan bisnis keluarganya yang sudah ada sejak Tahun 1980-an. Novi sendiri merupakan generasi kedua.

“Saya sudah generasi kedua yang menjalankan warung ini. Dulu ibu mertua saya yang pertama kali buka. Dulunya tidak di sini, tapi di sebrang jalan. Karena kurang lebar, akhirnya kita pindah ke sebrang jalan,” ungkapnya.

Menu Ayam Kesrut yang disajikannya sepintas tidak ada yang berbeda dengan menu ayam kesrut di warung makan lainnya. Namun, diakui Novi memang ada racikan bumbu khusus yang sudah turun temurun diturunkan oleh keluarganya, sehingga citarasa yang diperoleh lebih gurih dan nikmat.

“Tidak ada yang beda sebenarnya. Tapi memang ada racikan khusus yang sudah diturunkan turun temurun dari orang tua. Mungkin itu yang membuat Ayam Kesrut Kanggo Riko lebih disukai pengunjung,” katanya.

BACA JUGA: Nikmatnya Soto Sabrang Khas Sumenep yang Unik

Di warung miliknya ini, ayam kesrut disajikan bersama dengan ayam goreng dan krispi jamur. Tak lupa, lalapan sayur mayur dengan sambal tempong yang super pedas.

“Untuk sambal tempongnya pedasnya disesuaikan dengan selera pengunjung,” imbuhnya.

Penasaran dengan Ayam Kesrut Legendaris Banyuwangi? Jangan lupa mampir ke Warung Ayam Kesrut Kanggo Riko ketika traveler berlibur ke Kota berjuluk “the sunrise of java” ini. (ozi/lna)