Apa Itu Tepung Panir? Lapisan Gorengan Favorit yang Bikin Renyah

  • Whatsapp
Ilustrasi tepung panir
banner 468x60

NOKTAHMERAH.COM – JAKARTA – Para pecinta gorengan pasti sering menyantap makanan yang dibalut dengan tepung panir. Tepung panir memang paling banyak digunakan sebagai bahan lapisan terakhir pada gorengan seperti risol, kroket, chicken katsu, tempura, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Balitbangtan Serius Kembangkan Tepung Porang Jadi Glukomanan – Nusadaily.com

Bacaan Lainnya

Bahan dasar tepung panir adalah roti yang dikeringkan. Tapi roti yang digunakan untuk membuat tepung panir adalah roti dengan kulit pinggiran yang digiling menjadi butiran yang lebih keciL. Oleh karenanya tepung panir memiliki warna yang lebih gelap jika dibandingkan dengan tepung roti.

BACA JUGA: Produk Tepung Jagung asal Cilegon Langganan Ekspor – Noktahmerah.com

Untuk mengolah tepung panir sebagai bahan lapisan, balutkan telur atau adonan terigu basah pada makanan yang akan dilapisi tepung panir. Lalu gulingkan makanan pada tepung panir, cubit-cubit halus agar tepung menempel. Simpan makanan yang sudah dibalut tepung panir di dalam kulkas beberapa saat sebelum digoreng agar tepung panir lebih melekat.

Saat digoreng, pastikan untuk menyiapkan saringan kecil untuk menyaring minyak yang akan cenderung kotor karena remahan tepung yang jatuh ke dalam minyak.

BACA JUGA: Kreasi Jajanan Murah dari Tepung Sagu, Coba Cenil dan Cireng Sagu – Beritaloka.com

Ingat, untuk tidak menggoreng di dalam minyak panas dengan api besar karena hanya akan menghasilkan makanan yang matang di luar tapi mentah di dalam. Karena tepung panir mudah gosong, lebih baik goreng dengan api kecil dan minyak tidak terlalu panas.

Trik lainnya agar tidak mudah rontok, jangan sering membolak-balik makanan yang sedang digoreng. Biarkan beberapa saat hingga sudah benar-benar matang, lalu bisa dibalik sisi satunya.(mic)