5 Makanan Khas Batam yang Terkenal Paling Enak

  • Whatsapp
batam makanan
Luti Gendang dengan isian abon ikan tuna (instagram.com/ainnishinta)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Selain dikenal sebagai surga belanja, Batam juga dikenal dengan surga kulinernya yang menggoyang lidah.

Jika Anda tengah berkunjung ke Batam, Anda bisa mencoba 5 makanan khas Batam yang luar biasa populer ini dan terkenal paling enak. Tenang saja, semua kuliner ini tidak hanya enak tapi juga ramah di kantong!

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam, Gampang dan Enak Banget

Mie Sagu

Mie ini adalah mie dengan bahan dasar dari tepung sagu. Biasanya mie sagu ini akan disajikan sebagai mie goreng yang dibumbui rasa kombinasi asin pedas.

Perbedaan mie sagu dengan mie yang lain adalah tekstur dan kekenyalan mie yang khas dan tidak akan ditemukan pada mie yang diolah menggunakan tepung biasa. Perbedaan lain adalah pada ukuran dan aroma. Mie sagu biasanya berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan mie biasa. Aroma yang khas dari mie ini berasal dari aroma sagu yang pekat, saat dicampur dengan bumbu dan rempahnya akan menimbulkan aroma yang khas.

Mie sagu biasanya dijadikan menu pilihan para wisatawan untuk sarapan. Rasanya yang menggigit bangun rasa kantuk karena rempah dan rasa pedasnya, menjadikan mie sagu menjadi makanan sarapan yang mantab.

BACA JUGA: Viral Pecel Lele Mahal, Coba Buat Pecel Lele Sendiri di Rumah dengan Resep Ini

Sop Ikan Batam

Sop ikan Batam berbeda dengan sup ikan daerah lain karena kuahnya yang terkenal lebih keruh. Perbedaan lainnya adalah penggunaan tomat hijau yang masih asam dan bukan tomat merah matang.

Sop ini biasanya berisi ikan tengiri yang enak dan gurih, cumi dan udang sebagai proteinnya. Untuk sayurannya ada tomat hijau, sayur asin dan daun selada. Semua ini disajikan pada kuah sop ikan yang gurih dan hangat, dijamin bikin ketagihan.

Saking terkenalnya, sop ini banyak disediakan di cabang yang menyediakan makanan khas Batam, bahkan kabarnya penyebarannya sampai di Singapura.

Mie Lendir

Walau memiliki nama yang sedikit menjijikkan, mie lendir adalah salah satu makanan khas Batam yang tidak boleh Anda lewatkan. Mie lendir berisi mie kuning yang direbus bersama dengan tauge lalu disajikan setelah dengan kuah kacang yang kental. Kuah kacang inilah yang memberi kesan mie berlendir, namun jangan salah kuah ini merupakan kunci rasa gurih dan manis pada hidangan ini.

Kuah kacang dibuat dari kacang yang dihaluskan dan dicampur dengan rempah. Setelah harlus rata dan tercampur, ditambahkan pula tepung kanji dan dilarutkan untuk menghasilkan larutan kuah kacang yang kental. Jika dicari persamaannya, kuah kacang ini mirip dengan saus kacang somay tapi lebih encer dan rasanya jelas berbeda.

Selain mie dan tauge, mie lendir biasanya disajikan dengan tambahan telur, potongan seledri dan juga bawang goreng. Bagi yang suka pedas biasanya disediakan acar cabe yang bisa ditambahkan sesuai selera.

BACA JUGA: Ini Ragam Jenis Teh Premium Asal Indonesia

Bilis Molen

Meskipun namanya molen, tapi rasa Bilis Molen berbeda dengan molen yang pada umumnya yang manis. Molen ini berisikan bilis atau ikan teri sehingga punya bercita rasa gurih. Ukurannya pun sebesar jempol atau seperti molen mini.

Bilis molen adalah produk makanan khas Batam yang bisa dibilang sangat terkenal dan cocok buat oleh – oleh. Alasan mengapa bilis molen bisa dijadikan oleh – oleh yang khas adalah karena bentuknya yang kering membuat makanan ini bisa bertahan sampai sebulan.

Selain bisa jadi camilan dengan didampingi kopi ataupun teh, bilis molen juga bisa disantap dengan nasi sebagai ganti peyek ataupun krupuk.

Luti Gendang

Luti Gendang adalah sajian khas pembuka atau camilan khas Batam yang bentuknya mirip roti goreng. Namun perbedaannya terletak pada isiannya yang berupa abon ikan tuna. Rasanya pun gurih karena isian abon ikannya, dan rotinya terasa renyah di luar dan lembut di dalamnya.

Tidak hanya menjadi camilan, Luti Gendang kini juga telah menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang populer serta khas dari kota Batam.

Pos terkait

banner 468x60