Kamis, 20 Januari 2022
BerandaEntertainmentBersyukur! Sejahterakan Mentalmu saat Semua Terasa Menyebalkan

Bersyukur! Sejahterakan Mentalmu saat Semua Terasa Menyebalkan

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Saat ini kondisi memang sedang tidak sehat dan kadang menjerumuskan kita pada pikiran-pikiran negatif. Melihat hal positif di masa-masa penuh gejolak seperti di masa pandemi ini bukanlah hal yang mudah, bukan berarti juga tidak sulit. Mungkin hal ini bisa cukup membantu sejahterakan mentalmu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Mengutip dari Huffpost, seorang psikoterapis dan CEO Working Well Daily menjelaskan bahwa menghargai aspek positif dalam hidup bisa meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan mental kamu. Ini bisa mengurangi penderitaan.

“Itu bisa meningkatkan rasa bahagia kita, yang secara kebetulan menurunkan persepsi kita tentang rasa sakit dan mengurangi gejala depresi,” kata Harris.

Baca Juga: Lirik Lagu Syukur, Penampilan Baru Lucinta Luna dengan Hijab

“Syukur bisa meningkatkan kualitas tidur kita. Dan ketika kita bersyukur, kita mampu menghargai dan merayakan pencapaian orang lain sehingga kita beroperasi dari posisi memuji daripada bersaing atau membandingkan, yang dapat meningkatkan harga diri kita,” lanjutnya.

Meskipun demikian, tidak mudah untuk berjalan di kondisi malapetaka dan kesuraman dengan perasaan positif. Berikut adalah beberapa cara realistis yang disetujui para ahli untuk mempraktikkan kebaikan ketika segalanya menyebalkan.

Baca Juga: Damkar Kabupaten Malang Lebih Banyak Rescue Binatang Ketimbang Padamkan Kebakaran…Syukurlah…

Luangkan waktu, Cari Tahu Apa yang Cocok untuk Kamu

“Praktik bersyukur akan terlihat berbeda untuk setiap orang. Itu harus bersifat pribadi dan sesuai untuk apa pun yang berhasil untuk kamu,” kata Reyna Smith, seorang konselor profesional berlisensi.

“Sering kali saya melihat orang menghubungkan rasa syukur dengan mengungkapkan terima kasih secara lahiriah kepada orang lain. Itu harus dimulai dari diri kamu sendiri. Ini bisa memberi diri kamu izin untuk diam dan benar-benar merenungkan yang baik. Kamu harus memutuskan seperti apa praktik ini. Seharusnya tidak terasa dipaksakan atau stres,” paparnya.

Baca Juga: Prabowo dan Anies Syukuran Seabad Soeharto

Luangkan Waktu Untuk Berterimakasih

Meluangkan waktu bisa untuk mengungkapkan rasa terima kasih saat kamu tidak sibuk. Menyisihkan waktu setiap hari akan membantu memusatkan perhatian pada hal-hal positif. Anggap saja waktu itu sebagai satu periode dalam hari kamu dimana tidak ada yang bisa “salah”.

Sharn Khaira, mentor bisnis dan pola pikir dan pendiri Asian Female Entrepreneur Collective, menyarankan untuk mematikan ponsel kamu atau mengaktifkan mode pesawat selama waktu ini.

Baca Juga: Warga Bersyukur Preman Serang Anggota TNI Berhasil Ditangkap

“Ciptakan ruang sakral tempat kamu melatih rasa syukur dan membuat rutinitas pagi yang berpusat di sekitar praktik syukur kamu,” kata Khaira.

“Atau jika kamu benar-benar tidak dapat melakukannya di pagi hari, buatlah praktik syukur di malam hari. Beri tahu orang-orang bahwa kamu tidak akan tersedia pada saat itu, pergilah ke tempat yang sepi, tegakkan batasan dengan anggota keluarga kamu dan pastikan kamu mendapatkan apa yang kamu butuhkan. Mulailah dari yang kecil. Dan membangunnya, mengadaptasinya, membentuknya, dan kemudian memilikinya, karena itu adalah ruang sakral kamu,” katanya.

Baca Juga: Kepala Suku Dambet Gelar Ritual Adat Bakar Batu Syukuri Selamat dari Serangan KKB

Ingat! Tidak Ada yang Terlalu Kecil untuk Kamu Syukuri

Tentu, hal-hal besar seperti kesehatan, pekerjaan, dan keluarga kamu semuanya positif. Tetapi momen dan hal kecil dalam hidup kamu juga pantas untuk dikenali. Misalnya, kamu bisa mensyukuri rambutmu yang tampak indah hari ini atau makanan enak yang membuatmu senang.

“Jika kamu dapat mengidentifikasi sesuatu yang kamu syukuri, jangan terlalu memikirkannya karena itulah yang benar bagi kamu,” kata Smith. “Ekspresikan sepenuhnya dan banggalah karenanya,” lanjutnya.

Dan jangan lupa bahwa kamu juga penting dalam hal ini. Syukur juga termasuk penghargaan diri. Jadi jika keadaan dalam hidup sangat buruk, cobalah ungkapkan terima kasih atas hal-hal yang kamu sukai dari diri kamu sendiri dan mulai dari hal yang kecil di diri dan sekeliling kamu itu akan sejahterakan mentalmu. (ark)

+ posts
- Advertisement -
BERITA TERBARU
terkait