Sejak Dulu Iran Bangsa Pemberani, Sekarang Amerika pun Dilawan

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Iran dulu disebut sebagai Persia. Iran artinya sebagai Negara bangsa Arya ibu kotanya disebut Parsa, ialah apa yang disebut oleh Iskandar Zulkarnaen dengan nama Persepolis.

Parsa ini kemudian menjadi Persia dan nama ibukota dijadikan nama untuk seluruh negaranya. Sejak 21 Maret 1935 nama resmi ialah : Iran, bahasa Iran disebut bahasa Persia, (karena bahasa yang dipakai di Iran sekarang ini ialah bahasa Parsa,salah satu suku bangsa Arya).

Bacaan Lainnya

Sejarah zaman kuno Iran penuh dengan peperangan dan kemegahan. Jatuh-bangkit kembali adalah jalannya sejarah Iran yang menunjukkan keuletan jiwa bangsa Iran yang meskipun diombang-ambing oleh beberapa kebudayaan asing selalu menunjukkan dasar kebudayaan asli Iran. Maka tak heran jika bangsa ini selalu berani melawan siapapun yang mengusik negaranya termasuk melawan Amerika Serikat.

Raja pertama yang meletakkan dasar kemegahan Iran ialah: Cyrus ( 553-529 SM ) yang pertama menciptakan Iran menjadi kerajaan dunia yang pertama di dunia. Waktu itu Kerajaan yang dipimpin Cyrus telah menguasai banyak Negara baik di Asia maupun Eropa.