Puluhan Warga Jombang Keracunan Makanan Usai Santap Nasi Tahlilan

8
warga jombang keracunan makanan / detik.com

NOKTAHMERAH.COM – JOMBANG – Puluhan warga Dusun Garu, Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben, Jawa Timur (Jatim), mengalami keracunan. Diduga mereka mengalami keracunan setelah memakan nasi kotak dari acara tahlilan.

BACA JUGA : Petani di Ponorogo Tewas di Sawah, Diduga Keracunan Pestisida

Dilansir dari detikJatim, Sabtu (14/5/2022), Kepala Dusun Garu, Ahmad Mustain, mengatakan keracunan massal ini berawal dari acara tahlil dan yasinan di rumah Eka Puji Astutik (47) pada Rabu (11/5) setelah salat Magrib. Acara tahlilan rutin itu diikuti sekitar 70 warga.

BACA JUGA : Duh.. Alun-Alun Magetan Dikeluhkan Bau dan Jorok, Siapa Buang Sampah Sembarangan?

Mustain menuturkan, Eka, warga RT 14 RW 3 Dusun Garu, sebagai tuan rumah, membagikan nasi kotak yang berisi nasi putih, bihun, tahu goreng, dan telur bumbu Bali. Dia menyebut bumbu Bali yang ada di nasi kotak itu berwarna tidak seperti biasanya.

BACA JUGA : Anggiat Pasaribu yang Terlibat Cekcok dengan Arteria Minta Maaf, Menjadwalkan Ketemu Langsung

“Yang bumbu Bali katanya orang-orang bukan merah warnanya, agak kuning begitu,” kata Mustain kepada wartawan, Sabtu (14/5).

BACA JUGA : Cerita Warga Koja Keracunan Usai Santap ‘Rice Box PSI’

Pada Kamis (12/5), warga yang menyantap nasi kotak itu mulai mengalami mual, muntah, dan diare. Para korban pun tak menyangka mereka keracunan setelah menyantap nasi kotak.

BACA JUGA : Lamaran, Ini yang Bikin Via Vallen Klepek-klepek Sama Chevra Yolandi

Mustain mengatakan keracunan massal ini baru mencuat pada Jumat (13/5) malam. Mustain bersama sejumlah ketua RT di Dusun Garu kemudian melakukan pendataan jumlah korban. Hasilnya, sekitar 50 orang diduga keracunan.(ros)